Mempunyai anak yang memiliki kebiasaan mengigau memang menjadi tanda tanya besar bagi orang tuanya. Kra-kira, kenapa ya anak menjadi sering mengigau ketika tidur?

Tidak hanya mengigau, beberapa anak juga mengalami kebiasaan unik lainnya ketika tidur, salah satunya adalah berbicara sendiri, memainkan giginya, sampai juga ada anak yang berjalan sambil tertidur.

Bahkan dalam penelitian juga sudah ditegaskan kalau anak biasanya akan lebih sering mengigau dibandingkan dengan orang dewasa. Banyak juga orang tua yang menganggap hal ini tidak apa-apa dan wajar terjadi. Namun usut punya usut, mengigau ternyata juga bisa menjadi tanda anak mengalami masalah kesehatan, loh!

Beberapa Penyebab Anak Sering Mengigau Ketika Tidur

  • Merasa letih

Letih dalam bermain juga bisa menjadi salah satu faktor anak sering mengigau. dengan ini anda bisa lebih memperhatikan anak anda dalam bermain. Jangan terlalu lama bermain dikarenakan bisa mengganggu anak anda untuk tidur dan memicu anak anda mengigau.

Ini dikarenakan alam bawah sadarnya merasakan adanya aktivitas yang baru saja dilakukan anak. Dan kalau dibiarkan, ini bisa membahayakan kondisi saraf anak anda.

  • Tontonan yang terlalu menyeramkan

Terlalu sering menonton film yang menyeramkan ketika malam hari juga bisa membuat alam bawah sadarnya akan memproses mengenai hal yang baru saja dilihatnya dan bisa masuk ke dalam mimpinya dan memicu anak untuk mengigau.

Maka dari itu, anda sebaiknya terus untuk mendampingi anak anda dan mengontrol tontonan sehingga tidur anak anda bisa menjadi lebih berkualitas.

  • Anak tertekan dan stress

Anak anda juga bisa stress dan juga tertekan. Ini bisa dikarenakan banyak faktor. Misalnya saja dengan hubungan antar teman, masalah di sekolah, atau yang lainnya. Dan stress juga bisa menurunkan kinerja otak anak anda. Dengan begini, otak akan menghambat saraf untuk bisa seimbang dan juga akan mempengaruhi anak anda dan memicu anak mengigau.

  • Sakit demam

Anak mengigau juga bisa dikarenakan sedang terkena sakit demam. Alasannya adalah dikarenakan anak akan mengalami susah untuk tidur dan mengalami mimpi buruk yang akan memicu anak untuk mengigau. Biasanya ini terjadi dikarenakan perbedaan suhu tubuh. Dan perbedaan suhu tubuh ini bisa mempengaruhi otak dan juga bisa menjadikan demam serta membuat halusinasi ketika bangun dan juga mimpi yang buruk bisa memicu anak mengigau.

  • Kegembiraan yang berlebih

Ketika anak merasa gembira, anak juga akan bisa mengigau ketika tidur. Ini dikarenakan mereka bisa saja bermimpi tentang kegembiraan tersebut dan menjadikan anak secara tidak sadar berbicara ketika tidur. Bukan hanya kegembiraan saja, akan tetapi cemas yang berlebih juga bisa membuat anak anda mengigau.

Ini bisa dikarenakan cemas karena akan menghadapi ujian ataupun merasa bersalah atas sesuatu. Ternyata beberapa kondisi yang dianggap sepele bisa membuat anak mengigau.

Mengatasi Mengigau Pada Anak

1. Menetapkan jadwal tidur yang sehat

sering mengigau

Jangan ubah jadwal tidurnya meskipun anak sering mengigau, tapi usahakan anak anda tidur pada jadwal yang konsisten. Dan anda juga bisa mengenalkan pola tidur yang sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan hingga anak anda menginjak masa remaja.

Dan anda harus melatih anak anda untuk tidur setidaknya 8 hingga 10 jam di setiap harinya.

2. Tidak mengonsumsi kafein dan juga gula di malam hari

Anda bisa menghilangkan kebiasaan mengigau anak anda dengan cara menghindari memberi anak anda kafein maupun gula pada malam hari. Ini dikarenakan makanan dan juga minuman yang mengandung kafein maupun gula bisa meningkatkan energi anda dan juga bisa mencegah anak anda untuk bisa tertidur nyenyak di malam harinya.

Anda bisa memberi anak anda minuman yang lain seperti susu hangat yang bisa membantu anak anda untuk tenang dan juga rileks sehingga anak anda tidak sering mengigau alih-alih memberikan minuman atau makanan yang mengandung gula.

3. Tidak membangunkan anak anda

Jangan mencoba membangunkan anak anda ketika tengah mengigau. Kalau anda membangunkan anak ketika tidur, kemungkinan anak anda kembali tidur sangat kecil.

Demikian bahasan tentang penyebab utama anak mengigau beserta tips untuk mengatasinya. Dan anda juga bisa membuat anak anda tetap tenang dan juga rileks sebelum anak anda tidur. Disarankan untuk anda memeluk anak anda ketika tidur agar anak anda tenang dan menghindari anak anda untuk mengigau.

Tagged in: