Adapun tanda kuat bahwa proses kelahiran ibu hamil semakin dekat yaitu kepala bayi masuk ke panggul. Namun, sebelum masuk maka janin ini akan berputar dulu. Sehingga menyebabkan kepala bagian belakangnya kearah depan perut. Sementara kepala menghadap ke arah bawah. Janin yang sudah masuk ke panggul artinya ia sudah siap untuk dilahirkan.

Pada umumnya, kepala janin mulai masuk ke bagian panggul saat usia kehamilan sudah mencapai 33 sampai 36 minggu atau menjelang trimester 3 kehamilan. Namun sebagian ibu juga ada yang mengalami kondisi ini saat menjelang persalinan.

Ciri kepala bayi masuk ke panggul

Agar ibu hamil tidak terlalu panik saat persalinan datang. Maka berikut ini kami sajikan beberapa ciri kepala bayi masuk ke panggul dengan lengkap.

1. Nyeri di bagian pinggul

Saat trimester akhir sudah tiba, Anda akan merasakan nyeri di bagian panggul. Nyeri tersebut bisa terjadi karena posisi janinnya sudah semakin turun dan bahkan mendekati jalan lahir. Akan tetapi, rasa nyerinya akan semakin terasa dan terjadi di sepanjang hari.

Inilah pertanda bahwa kepala bayi masuk ke panggul. Sebab posisi kepala janin inilah yang mendorong ligament perut kemudian juga memberikan tekanan di area panggul.

2. Bentuk perut berubah

kepala bayi masuk ke panggul

Ciri kedua kepala bayi masuk ke panggul yaitu adanya perubahan pada bagian bentuk perut Anda. Awalnya bentuk perut cenderung menonjol ke bagian atas. Namun saat bayi mulai masuk ke panggul maka perut akan terasa lebih turun dari biasanya. Sehingga Anda akan merasakan bahwa perut seolah berada di bagian bawah.

Padahal hal tersebut merupakan tanda bahwa janin sudah mulai masuk ke bagian panggul. Perubahan bentuk perut juga menandakan bayi sudah siap untuk dilahirkan.

3. Nafas kembali lega

Biasanya ibu hamil akan merasa sesak napas selama masa kehamilan. Hal tersebut disebabkan karena posisi si janin yang sudah menekan area dada. Namun kondisi sesak napas hanya terjadi pada trimester kedua saja sampai ketiga kehamilan berlangsung.

Akan tetapi, ketika sudah mencapai detik persalinan maka nafas menjadi lega kembali. Hal ini menandakan bahwa janin sudah siap untuk dilahirkan. Sebab posisinya kini tidak lagi menekan bagian diafragma dan nafas pun akan cenderung normal. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda harus lebih berhati-hati dan perhatikan juga posisi tubuh saat tidur agar kondisi kehamilan Anda tetap stabil.

4. Berkemih menjadi lebih sering

Saat sudah memasuki minggu persalinan, ibu lebih sering buang air kecil. Sebab posisi janin mulai menekan bagian perut bawah. Akibatnya saluran kemih pun menjadi ikut bereaksi dengan mengeluarkan air kencing lebih banyak.

Gejala ini semakin menjadi-jadi saat bayi sudah masuk ke bagian panggul. Namun sebenarnya kondisi ini mulai membuat Anda kesulitan untuk menahan rasa ingin buang air kecil. Sehingga tak jarang juga ditemui ibu hamil ngompol lebih sering.

Namun, hindarilah untuk menahan buang air kecil. Lebih baik Anda merasa lelah karena bolak-balik kamar mandi daripada harus menderita infeksi saluran kemih. Ini bahkan lebih membahayakan janin.

5. Nyeri punggung

Ciri kepala bayi masuk ke panggul yang ke 5 adalah nyeri. Tidak hanya nyeri di bagian panggul saja, tetapi juga di bagian punggung. Kejadian ini disebabkan karena dorongan di bagian panggul serta area sekitarnya. Tekanan di area jalan lahir ini akan membuat ibu hamil merasakan dorongan yang lebih kuat. Dorongan ini berfungsi untuk membuka jalan lahir bagi janin sehingga bisa keluar dengan mudah.

6. Wasir

Pada beberapa ibu hamil akan mengalami wasir saat janin sudah masuk ke panggul. Adapun kepala janin yang memberikan tekanan pada area bawah secara terus menerus bisa membuatnya bersinggungan dengan bagian saraf dubur.

Hal tersebut membuat sebagian ibu hamil beresiko mengidap wasir di masa akhir kehamilannya. Namun biasanya ini lebih sering terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya belum pernah memiliki riwayat wasir tersebut.

7. Keputihan

Setelah janin masuk ke bagian panggul, maka bagian leher rahim menjadi semakin tertekan. Sehingga sumbat lendir di bagian rahim menjadi hilang. Lalu terjadilah keputihan yang akan terasa lebih banyak saat trimester 3. Jika keputihan mulai menghampiri Anda, segeralah mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan.

8. Sering lapar

Ibu akan cenderung merasakan lapar jika sudah mulai mendekati persalinan. Akibatnya ibu menjadi lebih banyak makan karena lapar yang sering terjadi. Maka dari itu, usahakanlah Anda untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sebab energi yang dibutuhkan saat persalinan cukup besar.

Baca juga: Tanda-tanda bayi lapar

Itulah ciri-ciri kepala bayi masuk ke bagian panggul. Apabila usia kehamilan memang sudah mendekati masa persalinan, sebaiknya Anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk persalinan dan mental juga menjadi hal penting yang harus disiapkan ibu hamil agar persalinan dengan lancar.