Keguguran merupakan salah satu hal yang paling dicemaskan oleh banyak pasangan suami istri terutama untuk yang baru pertama kali hamil. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi maka Anda harus tahu dulu cara mencegah keguguran. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan gaya hidup ibu hamil.

Oleh karena itu, sebelum merencanakan kehamilan maka Anda harus tahu dulu bagaimana gaya hidup sehat yang harus diterapkan sebelum ataupun selama program hamil berlangsung. Dengan begitu, maka resiko terjadinya keguguran bisa dicegah.

Penyebab Keguguran

Untuk penyebab keguguran ini sebenarnya sangat beragam sekali dan kadang pun tak bisa ditentukan secara pasti sehingga Anda harus berusaha menggunakan berbagai cara mencegah keguguran. Namun salah satunya bisa disebabkan karena kelainan kromosom sehingga pembuahannya menjadi tidak sempurna.

Namun kondisi seperti itu biasanya hanya bersifat kebetulan saja dan sangat jarang sekali berulang. Diperkirakan ada sekitar 30% keguguran termasuk keguguran berulang. Ini disebabkan oleh adanya gangguan kekentalan darah. Gangguan kekentalan darah akan mengakibatkan aliran darah ke janin menjadi terhalang.

Kemudian ada juga penyakit autoimun yang lumayan sering ditemukan pada ibu hamil yaitu Anticardiolipin Antibody (ACA). Penyakit sistemik pada ibu hamil seperti gangguan kelenjar tiroid dan diabetes juga menjadi penyebab terjadinya keguguran.

Selain itu, diketahui sekitar 13% kasus keguguran disebabkan oleh keguguran. Infeksi yang sering terjadi yaitu infeksi rubella, toxoplasma, herpes, dan sitomegalovirus. Namun untuk keguguran akibat infeksi ini pada umumnya tidak berulang.

Adapun kebiasaan-kebiasaan lain yang juga berisiko menyebabkan keguguran pada ibu hamil adalah perokok pasif atau aktif, sering mengkonsumsi alkohol dan kafein.

Cara Mencegah Keguguran

cara mencegah keguguran

Meskipun faktor-faktor penyebab keguguran seperti genetik sulit dihindari, namun Anda bisa upayakan cara mencegah keguguran berikut agar menjaga janin tetap sehat, Sehingga bayi bisa lahir dengan sempurna tanpa kekurangan satu anggota tubuh pun. Berikut cara pencegahannya.

  1. Konsumsi Asam Folat

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram setiap hari maka bisa mengurangi resiko cacat lahir yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Anda bisa cukupi asam folat ini dengan mengkonsumsi bayam, kangkung, asparagus, serela, roti gandum, alpukat, dan tomat.

  1. Konsumsi Vitamin B

Sebelum Anda memulai program hamil, maka konsumsilah vitamin B secara rutin. Sebab vitamin B ini berperan penting dalam program kehamilan Anda termasuk mencegah terjadinya keguguran spontan.

  1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Anda bisa hindari faktor resiko penyebab keguguran seperti tidak merokok, konsumsi alkohol, konsumsi obat sembarangan, dan konsumsi kafein. Selain itu Anda juga bisa terapkan gaya hidup sehat lainnya seperti berolahraga yang teratur, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta mempertahankan berat badan yang ideal.

Anda perlu tahu bahwa ibu hamil dengan kondisi obesitas ataupun bobot badan berlebih akan lebih beresiko menimbulkan komplikasi kehamilan. Salah satunya adalah keguguran. Oleh karena itulah menjaga pola makan juga termasuk hal yang sangat penting.

  1. Mencegah Infeksi

Anda harus pandai menjaga diri agar terhindar dari infeksi. Sebab jika Anda sudah terinfeksi, maka akan tersalur ke janin sehingga membuat perkembangan si janin menjadi tidak optimal dan terganggu. Bahkan jika kondisi janin juga tidak terlalu sehat bisa menimbulkan kelahiran.

Untuk itulah Anda harus menjaga kebersihan diri. Salah satunya dengan mencuci tangan sesering mungkin, apalagi saat makan. Tak hanya melindungi janin, cara ini juga bisa membantu Anda agar terhindar dari radang paru-paru.

  1. Kelola Kondisi Kronis

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit kronis seperti masalah autoimun, diabetes, ataupun tekanan darah tinggi, maka wajib konsultasikan dulu ke dokter. Sehingga keguguran dini bisa Anda cegah dengan cepat.

  1. Lakukan Seks dengan Aman

Penyakit menular seksual bisa menyebabkan timbulnya komplikasi pada kehamilan yang akan berujung pada keguguran janin. Oleh karena itu sebelum merencanakan kehamilan, maka Anda harus lakukan tes terlebih dahulu.

  1. Hindari Diri Dari Radiasi

Selama Anda hamil sebaiknya hindari paparan dari sinar radiasi serta zat-zat kimia yang beracun seperti timbal, benzene, arsenic, dan etilen oksida. Namun, terkecuali jika Anda memang membutuhkan proses radiasi untuk mengecek kehamilan seperti CT Scan ataupun X-ray.

  1. Melakukan Perawatan

Anda juga bisa lakukan perawatan khusus perut agar tetap aman selama masa kehamilan berlangsung. Kemudian sebisa mungkin Anda harus hindari olahraga yang resiko cederanya lebih tinggi. Terutama untuk olahraga yang harus membutuhkan kontak dengan orang sekitar seperti bermain basket dan ski.

Adapun olahraga yang relatif aman dicoba adakah jalan kaki, berenang, jogging, yoga, dan jalan santai. Kemudian jika Anda terbiasa menyetir, selama masa kehamilan sebaiknya dihindari agar bisa mengurangi resiko kelelahan serta cedera.

Itulah penyebab dan cara mencegah keguguran sejak dini. Selain itu, Anda juga perlu pahami tanda-tanda keguguran. Sehingga Anda akan lebih waspada dan bisa segera hubungi dokter jika mengalami gejala yang sama. Bagi yang memerlukan informasi unit link asuransi bisa mengunjungi investasikresna yang telah mensponsori artikel ini.