Sebagai seorang ibu, Moms pasti sedih ketika anak Moms sedang sakit. Istirahat dan minum obat adalah bentuk usaha untuk membantu anak supaya sembuh. Tapi, terkadang anak kita susah dibujuk untuk meminum obat. Lalu, bagaimana caranya agar anak mau menelan obat dengan mudah saat sakit?

Coba Cara Ini Agar Anak Gampang Minum Obat Saat Sakit

Meminumkan obat untuk si kecil yang sedang sakit, seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para moms diluar sana. Obat yang kebanyakan memiliki cita rasa pahit, seringkali tidak disukai oleh anak anak. Kebanyakan anak akan memuntahkannya kembali ketika obat sudah masuk ke mulut mereka.

Sehingga, orang tua banyak mengeluhkan anak yang susah minum obat. Lalu, bagaimana kiat moms sebagai orang tua, untuk membujuk anak minum obat? Banyak cara untuk menyiasati hal tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyiasati anak yang susah minum obat:

1. Memberi Tahu Mengapa Harus Minum Obat

Moms bisa memulai dengan memberi pengertian kepada anak, mengapa anak harus minum obat. Berikan penjelasan sesederhana mungkin agar mudah dipahami oleh anak.

Moms bisa menjelaskan bahwa obat yang akan diminum dapat membunuh kuman di dalam tubuh, sehingga tubuh dapat sehat kembali. Penjelasan sederhana seperti itu akan membantu anak memahami keadaan dalam dirinya.

2. Jangan Berbohong

minum obat

Seringkali, para orang tua membujuk anak dengan membohongi mereka. Para orang tua sering berkata bahwa obat yang akan diminum memiliki cita rasa manis dan enak. Tetapi pada kenyataannya, hal tersebut hanyalah tipu muslihat belaka. Kebanyakan obat berbentuk pil atau kapsul memiliki cita rasa pahit.

Hal demikian akan membuat anak merasa tertipu, sehingga anak susah untuk minum obat lagi. Ada baiknya, moms tidak membahas tentang rasa obat, melainkan lebih menekankan ke manfaat serta khasiatnya bagi tubuh. Moms dapat menjelaskan bahwa obat mengandung zat yang dapat menyembuhkan penyakit,

3. Pilih Obat Sirup Bercita Rasa Manis

Naluri anak-anak selalu menginginkan cita rasa manis dan enak. Oleh karena itu, bila ada alternatif obat yang memiliki rasa manis lebih baik moms pilih agar anak mau minum obat. Kebanyakan obat bercita rasa manis biasanya adalah obat berbentuk sirup yang mudah ditelan oleh anak.

Obat bercita rasa manis sudah banyak dijual secara komersial. Kebanyakan adalah obat untuk sakit yang umum terjadi pada anak seperti influenza, demam, alergi, diare dan lain sebagainya.

4. Tambahkan Sirup Manis/Blank Syrup

Saat ini, telah banyak beredar di pasaran sirup manis pelarut obat. Sirup ini biasanya memiliki cita rasa buah buahan seperti anggur, strawberry dan lain sebagainya.

Sirup manis ini digunakan untuk melarutkan obat yang berbentuk puyer atau tablet. Obat puyer memang selalu memiliki cita rasa pahit yang tidak disukai anak anak. Keberadaan sirup ini akan sangat membantu anak untuk minum obat.

Moms dapat membeli sirup ini di apotek terdekat. Situs jual beli online pun telah banyak memperdagangkan sirup manis ini.

5. Menggunakan Alat Bantu

Untuk anak yang masih balita atau dibawah 3 tahun, seringkali moms kesusahan untuk meminumkan obat karena akan selalu dimuntahkan. Untuk mensiasati hal itu, moms dapat menggunakan alat bantu seperti pipet atau sendok takar berukuran kecil.

Alat bantu ini dapat moms dapatkan di apotek atau biasanya sudah tersedia satu paket dengan obat tersebut.

Pipet adalah alat bantu yang paling mudah digunakan untuk balita dibawah 3 tahun. Hal ini karena, bentuk pipet yang kecil dan memanjang sehingga mudah masuk ke dalam mulut balita. Sebaiknya, jika kesulitan menggunakan sendok takar, moms coba gunakan pipet ya.

6. Campur dengan Makanan Favorit

Untuk menyiasati rasa obat yang cenderung pahit, selain menggunakan sirup berperisa buah, moms juga dapat mencampur dengan makanan favorit anak anak. Hal ini bisa dilakukan untuk pemberian obat puyer dalam jumlah sedikit.

Jangan sampai obat yang dicampurkan ke makanan, malah membuat rasa makanan menjadi tidak enak ya moms. Pilih makanan favorit anak anak yang mudah dicampur dengan obat, tetapi rasanya tidak berubah. Contohnya saja campur vitamin di sayur sop agar mudah larut.

8. Beri Apresiasi

Setelah minum obat, usahakan untuk mengapresiasi usaha anak. Anak minum obat adalah suatu usaha yang cukup besar. Sehingga, hal ini membutuhkan apresiasi khusus.

Beri apresiasi dengan pujian kata kata yang manis. Atau jika ingin lebih membuat anak senang, lebih baik lagi jika memberi apresiasi pada anak berupa hadiah.

Memberikan apresiasi dalam bentuk pujian dan hadiah akan membuat anak merasa bahwa dirinya telah melakukan hal yang besar. Sehingga, anak akan memiliki kemauan untuk mengulang hal yang sama.

Yuk, Terapkan Tips Diatas Agar Anak Mau Minum Obat !

Itu tadi adalah tips dan trik untuk Moms sekalian agar bisa mensiasati anak yang susah minum obat. Semoga tips diatas dapat membantu, dan Moms serta keluarga sehat selalu ya.

Tagged in: