Minuman yang dilarang untuk ibu hamil memang sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Sebab, tidak semua jenis minuman bisa Moms konsumsi begitu saja. Terlebih jika minuman tersebut Moms konsumsi secara berlebihan.

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Efek yang terjadi ketika Moms mengkonsumsi minuman yang dilarang untuk ibu hamil ini adalah bisa mengganggu kesehatan tubuh Moms. Bahkan, hal ini juga bisa mengganggu tumbuh kembang janin juga.

Oleh sebab itu, Moms perlu mengetahui apa saja jenis minuman yang sebaiknya Moms hindari saat hamil.

1. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Minum susu merupakan salah satu cara sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Moms. Namun, sebaiknya Moms lebih cermat lagi dalam memilih jenis susu.

Saat hamil, sebaiknya Moms menghindari susu yang tidak dipasteurisasi. Sebab, bakteri yang ada di dalamnya bisa membahayakan tubuh Moms. Bahkan, bakteri ini juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kehamilan.

Bagaimana dengan susu beruang? Bolehkah Ibu hamil minum susu beruang? Baca juga dipostingan kami berikut.

2. Alkohol

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya adalah alkohol. Hal ini sudah bukan hal tabu lagi untuk Moms ketahui.

Meski banyak yang beranggapan bahwa minum sedikit minuman yang beralkohol masih tergolong aman untuk ibu hamil. Nyatanya, alkohol bisa tetap bisa memberikan pengaruh pada janin Moms.

Salah satunya beresiko menyebabkan cacat pada janin, dan hambatan perkembangan janin. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi minuman yang beralkohol saat sedang hamil.

3. Teh Hijau

Teh hijau ini termasuk dalam salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, bagi Moms yang sedang hamil sebaiknya kurangi konsumsi teh hijau ini untuk sementara waktu.

Sebab, perlu Moms ketahui bahwa teh hijau mengandung sejumlah kafein yang tidak baik bagi kesehatan janin.

Mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan juga malah bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang sudah mencapai puncaknya selama masa kehamilan.

Belum lagi dengan semakin berkurangnya penyerapan asam folat yang bisa membuat kondisi janin bermasalah.

4. Minuman Berkafein

minuman yang dilarang untuk ibu hamil

Kebanyakan wanita memang sering mengeluh jika mendapatkan larangan untuk mengurangi minuman berkafein. Terlebih dengan kopi yang sudah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari rutinitas pagi hari.

Meskipun memang kopi tidak termasuk dalam daftar minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Namun Moms bisa menguranginya atau membatasinya selama hamil.

Sebab, menurut First Cry Parenting, sangat penting untuk mengurangi konsumsi kopi terutama pada trimester pertama. Hal ini wajib Moms lakukan karena resiko kafein bisa menyebabkan keguguran yang cukup tinggi pada trimester pertama kehamilan.

Perlu Moms ketahui, bahwa kafein ini merupakan zat psikoaktif yang paling umum Moms temukan dalam kopi, soft drink, teh, dan coklat.

Jadi, jangan Moms pikir dengan mengkonsumsi es teh tidak membahayakan untuk kehamilan Moms. Sebab, teh juga mengandung sejumlah kafein cukup besar dan bisa menyebabkan resiko pada kehamilan.

Menurut jurnal BMC Medicine, kafein ini akan terserap dengan sangat cepat ke dalam plasenta dan janin. Plasenta sendiri tidak memiliki enzim utama yang diperlukan untuk metabolisme kafein, sehingga kadar tinggi tersebut bisa menumpuk.

Hal inilah yang akan membatasi tumbuh kembang janin dan meningkatkan risiko berat lahir yang sangat rendah saat persalinan.

5. Sari Rumput Gandum

Rumput gandum memiliki manfaat sehat yang cukup baik bagi tubuh. Namun, dengan mengkonsumsinya secara berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil.

Sebab, rumput gandum biasanya dipanen dalam keadaan lembab, sehingga lebih banyak resiko terkontaminasi mikroba dan jamur.

Oleh sebab itu, minuman sari rumput gandum ini termasuk salah satu minuman yang dilarang untuk ibu hamil.

Moms sebaiknya menghindari sari gandum yang terbuat dari bahan mentah, karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam nutrisi dalam tubuh Moms.

Selama masa kehamilan, Moms perlu mencari alternatif sehat dalam mengkonsumsi minuman. Tujuannya adalah agar Moms dan janin yang ada dalam kandungan tetap sehat.

6. Teh Jamur Kombucha

Kombucha merupakan minuman teh yang berbuih dan berfermentasi. Teh jamur kombucha ini tergolong sebagai minuman kesehatan, karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Namun, sayangnya teh jamur kombucha ini menjadi salah satu minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Sebab, kombucha yang tidak berlabel minuman beralkohol ini sebenarnya mengandung alkohol dalam jumlah minim, yakni 0,5 persen.

Meski hanya 0,5 persen, namun kadar alkohol ini tetap berbahaya bagi janin yang sedang berkembang dalam rahim.

Selain itu, kombucha ini juga terbuat dari teh yang berkafein. Padahal, kafein ini merupakan stimulan yang bisa dengan bebas melewati plasenta dan masuk ke aliran darah bayi.

Bahkan, perlu Moms ketahui bahwa sebagian besar jenis kombucha ini tidak terpasteurisasi. Artinya, ada beberapa jenis bakteri tertentu yang berbahaya bagi ibu hamil.

7. Larangan Mengkonsumsi Minuman Energi

Kelelahan merupakan masalah yang sangat umum terjadi selama masa kehamilan, terlebih selama trimester pertama.

Mengkonsumsi minuman berenergi merupakan salah satu larangan untuk ibu hamil. Sebab, minuman berenergi ini mengandung kafein tingkat tinggi, bahkan bahan lain yang tidak direkomendasikan untuk wanita hamil.

Siap Menghindari Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil?

Inilah beberapa minuman yang dilarang untuk ibu hamil dan perlu Moms hindari. Sebab, 7 minuman tersebut memiliki resiko pada janin yang ada dalam kandungan Moms.

Untuk itu, hindari mengkonsumsi minuman yang memang beresiko untuk ibu hamil. Hal ini akan menghindarkan Moms dari kemungkinan terburuk bagi Moms dan janin yang ada dalam kandungan Moms.