Buah naga saat ini semakin mudah ditemukan. Mulai dari pasar swalayan hingga tradisional telah menjual buah yang satu ini. Oleh karena itu, Moms tidak perlu takut kehabisan saat ingin memberikan asupan bagi Si Kecil. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI), saat Si Kecil telah berusia 6 bulan memerlukan setidaknya energi tambahan sebesar 200 kilo kalori setiap harinya.  Buah naga bisa menjadi salah satu pilihan makanan pendamping ASI (MPASI). Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan mineral sehingga baik untuk kesehatan Si Kecil. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat buah naga untuk bayi, mari simak daftar berikut ini.

Kandungan Buah Naga

Sebelum melihat apa saja manfaat dari buah naga Moms juga perlu mengetahui kandungan didalam buah naga. Tujuannya untuk membuat Moms lebih yakin memberikan buah naga kepada Si kecil. Berikut ini beberapa kandungan di dalam buah naga.

  1. Kalori : 264
  2. Protein : 3,57 g
  3. Kalsium : 107 mg
  4. Karbohidrat : 82,14 g
  5. Vitamin C : 6,4 mg
  6. Natrium : 39 mg
  7. Serat : 1,8 g
  8. Gula : 82,14 g

Kandungan-kandungan diatas sangat bagus bagi kesehatan Si Kecil. Namun Moms juga perlu membatasi jumlah konsumsi. Sebagai informasi, buah naga bisa dikonsumsi dengan porsi 2-3 sendok sekali makan.

Sementara itu, untuk bentuk tekstur yang dikonsumsi Moms bisa membuatnya seperti bubur atau bisa langsung mengambilnya dengan sendok. Usahakan tekstur buah naga bisa ditelan oleh Si Kecil.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

manfaat buah naga untuk bayi

Nah, setelah mengetahui kandungan di dalam buah naga. Moms akan dijelaskan daftar manfaat yang terdapat di buah naga. Buah naga dipercayai sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Berikut ini 7 manfaat buah naga untuk bayi yang wajib Mom ketahui.

1. Kaya Antioksidan

Buah naga kaya akan senyawa antioksidan. Sifat senyawa ini membantu melawan sel-sel berbahaya yang bisa membuat Si Kecil sakit. Saat Si Kecil suka mengkonsumsi buah naga akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah sakit.

Antioksidan sendiri memiliki banyak jenis, seperti, fenol,hydroxycinnamates, flavonoid, dan lain sebagainya. Semua jenis antioksidan ini fungsinya berbeda-beda satu sama lain. Salah satu antioksidan yaitu Flavonoid memiliki fungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan baik untuk kesehatan otak Si Kecil.

2. Kaya Vitamin C

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah naga dipercayai sangat baik untuk perkembangan tulang, otot, gigi dari Si Kecil. Selain itu, vitamin C membantu pengembangan sistem pembuluh darah Si Kecil.

Terlebih lagi, vitamin C bagus bagi kekebalan tubuh sehingga penyakit tidak mudah menyerang Si Kecil.

3. Kaya Vitamin A

Manfaat buah naga untuk bayi yang ketiga adalah, Buah naga mengandung vitamin A yang sangatlah tinggi. Hal ini akan membantu dalam menjaga kulit bayi  tetap sehat.

Tak hanya itu, vitamin A dipercayai sangat bagus untuk kesehatan mata agar area sensitif tetap berjalan dengan baik. Selain bagus untuk kesehatan mata, buah naga bisa membangun imunitas untuk melawan berbagai infeksi yang dapat menyerang tubuh Si Kecil.

4. Mengandung Serat yang Tinggi

Kandungan selanjutnya yang bermanfaat di dalam buah naga bagi Si Kecil adalah serat makanan. Serat makanan pada buah naga sangatlah tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Si Kecil.

Saat pencernaan Si Kecil sehat nantinya akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti, sembelit. Selain itu, kesimbangan gula darah Si Kecil akan terjaga sehingga membantu berat badan Si kecil naik secara sehat.

5. Melindungi Jantung Si Kecil

Manfaat buah naga untuk bayi yang berikutnya adalah, Buah naga dipercaya mampu melindungi jantung Si Kecil hingga orang dewasa karena kandungan vitamin dan mineral yang sangatlah tinggi. Saat jantung Si Kecil dalam keadaan sehat pastinya akan membuat pertumbuhan berjalan optimal.

Untuk memastikan jantung sehat Moms bisa mulai memperkenalkan asupan makanan seperti buah naga. Jika Si Kecil kurang suka berikan secara perlahan setiap harinya.

6. Tinggi Kalsium

Buah naga seperti makanan yang kaya kalsium seperti susu dan bayam. Kandungan kalsium yang tinggi membantu pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Bahkan, gizi kalsium pada buah naga bisa membuat perkembangan tubuh Si Kecil menjadi bagus.

Apalagi ketika Si Kecil baru berumur 6 bulan, buah naga sangat dianjurkan sebagai makanan pendamping ASI. Meskipun MPASI bermacam-macam tetapi Moms bisa mengenalkan makanan yang satu ini dari dini.

7. Melancarkan Pencernaan Si Kecil

Menurut salah satu studi ilmiah menyebutkan bahwa buah naga adalah salah satu sumber alami prebiotik. Sifat ini sangat bermanfaat untuk menjaga perkembangan bakteri baik di usus Si Kecil.

Organ usus sendiri memiliki banyak bakteri. Untuk menjaga bakteri baik di usus maka Moms bisa membantu Si Kecil mengkonsumsi buah naga. Buah naga akan mencegah Si Kecil mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.

Sudah Paham Manfaat dari Buah Naga?

Moms sudah paham manfaat buah naga untuk bayi. Mari mulai dari sekarang untuk mengenalkan buah naga kepada Si Kecil. Jika Si Kecil merasa kurang cocok berikan secara perlahan setiap hari.

Untuk cara mengkonsumsi buah naga bisa secara langsung dimakan setelah dipisahkan dengan kulitnya. Moms juga tidak perlu khawatir dengan biji buah naga karena masih aman bagi Si Kecil.

Demikianlah 7 manfaat buah naga untuk bayi yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.