Kemampuan setiap anak memang berbeda namun mereka dapat melakukan sesuatu tentunya dari adanya pembelajaran. Salah satunya dalam pembelajaran matematika mengenai perkalian. Bagi anak yang baru mulai mempelajarinya pastinya terasa sulit. Nah berikut ini cara mengajari anak perkalian dengan cepat dan menyenangkan.

Cara Mengajari Anak Perkalian yang Menyenangkan

Terdapat beberapa cara mengajari anak perkalian dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara berikut ini cukup mudah dilakukan dan anak tentunya akan semakin mahir perkalian, antara lain :

1. Berikan Soal Termudah

Cara yang pertama dengan memberikan soal perkalian yang mudah. Sebelum kita menguasai sesuatu tentunya harus memahami dari yang dasar terlebih dahulu. Setelah itu, berikan rasa semangat dan percaya diri kepada anak – anak seperti mengajarinya dari bilangan terkecil yaitu 1.

Pakar dari EduNation Limited memberikan rekomendasi pembelajaran kepada Moms di luar sana untuk melakukan hafalan sesuai kelompok angka. Terdapat kelompok angka dari termudah hingga tersulit yaitu 10, 5, 2, dan 4. Angka 10 menjadi yang termudah karena tinggal menambahkan angka 0 pada angka yang dikalikan.

2. Menggunakan Teknik Mnemonik

Selanjutnya dengan menggunakan teknik mnemonik. Teknik ini merupakan cara mengingat suatu informasi menggunakan sebuah ide, hubungan, atau huruf. Mungkin kebanyakan orang saat memakai teknik ini anak menghubungkannya dengan lagu – lagu yang menarik, namun tidak hanya lagu saja.

Salah satu variasi yang dapat Moms coba yaitu mengubah angka yang diingat si anak menjadi sebuah bayangan gambar. Teknik mnemonik yang Moms ajarkan kepada anak ini akan berguna untuk pembelajaran lainnya. Bisa digunakan di materi yang lebih sulit seperti hafalan kimia, fisika, dll.

3. Terapkan Metode Pengulangan

Anak – anak yang baru mengenal dan mempelajari akan membutuhkan proses dalam menghafalnya sehingga metode pengulangan bisa Moms coba. Salah satu cara ini terbilang sangat efektif meskipun membutuhkan kesabaran dan waktu. Tetapi hasil dari proses pembelajaran seperti ini akan melatih daya ingat si anak.

Agar lebih mudahnya yaitu Moms saat di rumah berikan anak sebuah papan tulis yang berisi angka – angka perkalian. Dari situ si anak diminta saja untuk menghafal beberapa angka perkalian sehari. Perharinya usahakan si anak sudah bisa menghafal angka perkalian secara menyeluruh dan kurangi melihat papan tulis.

4. Memakai Trik Jari

Mengajari anak perkalian bisa menggunakan trik jari yang biasanya untuk membantu menghafal tabel perkalian angka 9. Mudah sekali mengajarkannya kepada anak yaitu dengan cara berikut ini.

  • Lebarkan ke sepuluh jari
  • Untuk tangan kiri beserta semua jarinya saat satu jarinya ditekuk maka jari yang tersisa bernilai puluhan
  • Lalu untuk bagian tangan kanan beserta jarinya ketika salah satu jari ditekuk maka jari yang tersisa bernilai satuan
  • Selanjutnya lipat lah jari untuk dijadikan angka perkalian. Pastikan posisinya dari kiri ke kanan
  • Setelah itu kelingking pada tangan kiri menjadi angka pengali 1, jari manis menjadi pengali 2. Teruskan hingga jari tangan kanan yang menjadi pengali 10

5.  Menggambar Bunga Perkalian

Cara mengajari anak perkalian yang satu ini akan membuat anak merasa tertarik dan senang saat mempelajarinya di rumah. Salah satu caranya dengan menggambar bunga perkalian. Anak – anak akan diminta untuk menggambar sebuah bunga waldorf dengan tahapan bagian tengah bunga ditulis angka antara 2 – 12.

Setelah anak – anak sudah membuat lingkaran sebagai pusat bunga tadi maka selanjutnya membuat 12 kelopak yang mengitarinya. Setiap kelopak bunga tersebut angka berisi angka 1 – 12. Kemudian buat lagi 12 kelopak lalu isi setiap kelopak bunga merupakan hasil perkalian antara pusat bunga dengan kelopak pertama.

6. Memberikan Kuis

cara mengajari anak perkalian

Beberapa cara mengajari anak perkalian sudah Moms coba lakukan. Untuk mengetahui pemahaman tentang apa yang sudah mereka terima dapat Moms lakukan dengan kuis. Kuis yang diberikan tentunya jangan terlalu sulit ya Moms, coba dengan mengulang semua materi atau angka perkalian dan berikan sedikit variasi.

Media kuis nya bisa bermacam – macam seperti berikan sebuah lembar kertas dengan soal di dalamnya. Kemudian dapat memanfaatkan teknologi seperti smartphone atau laptop. Moms yang tidak ingin menulis soal perkalian bisa mencarinya melalui aplikasi atau website pembelajaran perkalian yang ada.

Moms Di Rumah Sering Memakai Cara Mana?

Dengan demikian, mengajari anak mengenai hitung – hitungan dan perkalian memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Ada juga anak yang sedari kecil menyukai angka dan ada yang tidak begitu menyukainya. Sehingga harus menyesuaikan dengan kondisi dan cara berpikir anak seperti apa.

Ditambah lagi saat ini kasus covid yang masih menghantui sehingga membuat sekolah online. Maka dari itu sebisa mungkin saat anak banyak di rumah, ajarkan dikit demi sedikit mengenai perkalian terutama kelas 2 – 3 SD.

Demikianlah 6 cara mengajari anak perkalian dengan cepat dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.