Memiliki buah hati yang baru saja lahir, para orang tua akan memberikan yang terbaik seperti asupannya. Dari apa yang mereka konsumsi ini lah yang akan menunjang tumbuh kembang si kecil. Namun jika masih bingung mengenai itu tidak perlu khawatir moms, berikut ini cara menaikkan berat badan bayi secara cepat.

Cara menaikkan Berat Badan Bayi

Terdapat beberapa cara yang bisa moms di rumah lakukan untuk menaikkan berat badan bayi, antara lain :

1. Memberikan ASI

Cara yang pertama yaitu dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi. Mungkin cara ini sudah menjadi hal yang biasa untuk menaikkan berat badan si kecil. Moms yang memiliki bayi prematur bisa memberikan ASI sebagai cara yang ampuh dalam mengatasi berat badan. Kemudian juga dapat membangun kesehatan si buah hati.

Namun Moms sekalian perlu memperhatikan juga bagaimana menjaga kualitas ASI dan MPASI dengan baik. Proses memberikan ASI akan maksimal jika melakukan beberapa hal, yaitu :

  • Memberikan ASI kepada bayi bisa pada waktu 2-3 jam sekali. Tetapi tergantung dengan si kecil, jika kurang dari waktu tersebut sudah merasa haus maka segera berikan.
  • Bayi yang sedang menyusu jangan langsung dilepas, berikan sesuai dengan keinginannya hingga dia melepaskannya sendiri.
  • Posisi bayi saat menyusu harus benar seperti harus tepat peletakannya pada puting susu.
  • Ketika Moms mengalami kendala seperti ASI yang dikeluarkan sedikit maka bisa mencoba memompanya atau menyusui dengan sering.

2. Memberikan Pijatan Pada Bayi

Berikutnya dengan memberikan pijatan pada bayi. Cara ini dipercaya akan menaikkan nafsu makan bayi sehingga porsi makannya bisa bertambah. Lalu pencernaan si bayi akan lancar nantinya. Jika Moms dirasa belum paham cara memijat bayi dengan benar maka dapat meminta tolong orang yang berpengalaman.

3. Perhatikan Posisi Menyusui

Cara atau posisi menyusui yang tidak tepat bisa jadi akan berpengaruh pada berat badan bayi. Dengan posisi yang kurang menempel pada puting susu akan mengurangi kenyamanan si bayi dan jumlah ASI yang diterima bisa berkurang. Ada satu posisi menyusui yang baik dengan nama cradle position.

Tidak sulit untuk menerapkannya yaitu dengan lengan Moms sekalian menopang buah hati di payudara. Meletakan kepalanya di dekat siku, lalu lengan Moms posisikan melintang dari leher hingga punggung.

4. Memberikan Makanan Penambah Berat Badan

Seiring berjalannya waktu, si anak akan mulai memasuki masa MPASI. Meskipun begitu, ASI juga perlu diberikan sebagai pendukung cara menaikkan berat badan bayi. Saat memberikan MPASI, perhatikan apakah sudah mengandung gizi yang seimbang. Lalu tekstur, porsi, dan jenis makanan olahan tersebut sudah sesuai atau belum dengan usianya.

Pada umumnya, bayi akan mulai pertama kali makan di umur 6 – 8 bulan dan berikan 2 kali sehari serta ASI 6 kali sehari. Beberapa makanan untuk menaikkan berat badan bayi yang dapat Moms sajikan, seperti :

  • Makanan dari olahan kacang – kacangan atau buncis
  • Untuk buah disarankan memakai buah alpukat, selain dikenal menyehatkan juga mudah dicerna oleh perut bayi.
  • Sajikan daging sapi atau domba selain daging ayam, lalu untuk menghaluskannya bisa dengan minyak setelah dimasak. Jika Moms memiliki daging olahan seperti sosis juga bisa
  • Gunakan ASI untuk dicampurkan pada buah, daging, dan sayuran
  • Gunakan susu formula untuk menghaluskan daging atau sayuran sebelum disajikan

5. Memberikan Susu Formula

cara menaikkan berat badan bayi

Memberikan nutrisi untuk bayi melalui susu tidak harus bergantung pada ASI. Masih ada cara lain dengan memberikan susu formula untuk menambah berat badan si bayi. Dari perubahan susu yang diberikan biasanya akan berdampak pada warna kotoran bayi, tetapi jangan khawatir karena itu hal yang normal.

Susu formula juga menjadi alternatif untuk ibu yang memang memiliki ASI sedikit. Tidak sedikit para Moms di luar sana mengalami hal tersebut sehingga memilih cara tersebut sebagai pendorong nutrisi si bayi.

6. Porsi Tidur Bayi yang Cukup

Cara menaikkan berat badan bayi yang terakhir adalah porsi tidur bayi yang cukup. Ketika bayi mendapat asupan ASI atau susu formula biasanya akan langsung tertidur. Bayi memang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur sehingga jangan dibangunkan. Maka dari itu nutrisi yang masuk akan dicerna secara terus menerus.

Cara yang lebih manjurnya lagi biasanya waktu yang tepat untuk menaikkan berat badan bayi saat malam. Ketika malam hari bayi terbangun cobalah berikan ASI dan cara ini bisa juga mengatasi bayi menggeliat saat tidur nantinya.

Yuk, Terapkan Cara menaikkan Berat Badan Bayi Sekarang!

Dengan demikian, saat anak kita masih bayi memang harus memberikan perhatian yang ekstra seperti asupan nutrisinya. Semua yang dilakukan nantinya demi tumbuh kembang si bayi. Namun bayi yang berat badannya seiring umurnya tidak sesuai tentunya membuat orang tua panik, tetapi semua itu bisa diatasi dengan beberapa cara diatas. Selamat mencoba!