Minuman yang Moms konsumsi selama kehamilan berdampak besar bagi pertumbuhan bayi. Maka, Moms perlu tahu minuman yang baik untuk Ibu hamil. Moms perlu memperhatikan bahan dan kandungan minuman yang dikonsumsi. Pastikan bahan-bahan yang digunakan menyehatkan bagi Moms dan juga bayi.

Inilah minuman yang baik untuk Ibu hamil yang perlu Moms ketahui:

Minuman Ibu Hamil Yang Menyehatkan

Masa kehamilan yang sukses dipengaruhi berat badan Moms dan gaya hidup yang sehat. Ada minuman yang bisa membantu meredakan morning sickness, ada juga yang bisa meningkatkan isotonik. Moms dapat mengkonsumsi minuman-minuman menyehatkan ini untuk Moms dan bayi dalam kandungan:

1. Air Putih

Moms dapat meminum air putih sebagai pilihan utama. Air putih merupakan minuman yang baik untuk Ibu hamil daripada jenis minuman lainnya. Selama masa kehamilan, tubuh Moms memerlukan H2O untuk kesehatan sel darah.

Selain itu, minum air putih dapat mencegah Moms dari dehidrasi. Harus Moms ketahui, dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab persalinan prematur pada beberapa Ibu.

Yang perlu Moms perhatikan adalah kebersihan air putih yang Moms pilih. Pastikan minum air putih yang sudah matang. Moms sebaiknya menghindari minum air putih yang sumbernya tidak jelas.

2. Air Kelapa

Minuman untuk Moms yang sedang hamil selanjutnya adalah air kelapa. Selain air putih, manfaat air kelapa juga dapat mencegah dehidrasi karena merupakan isotonik alami. Air kelapa juga bagus untuk kesehatan kulit Moms selama masa kehamilan.

Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu Moms mengatasi kram kaki ketika hamil. Bahkan, jika Moms tidak mengalami kram, air kelapa bisa membantu mengisi cairan tubuh yang hilang ketika beraktivitas. Air kelapa juga dapat membantu pembentukan garam alami di dalam tubuh.

3. Jus Jeruk

Ketika Moms hamil, tentu membutuhkan asupan vitamin C yang mencukupi untuk sehari-hari. Jus jeruk atau limun bisa jadi pilihan untuk Moms. Selain menghidrasi tubuh, jus jeruk menyediakan vitamin C untuk Ibu hamil.

Tidak hanya itu, jus jeruk dapat membantu Moms yang kelelahan akibat morning sickness. Jika Moms mengalami tekanan darah tinggi, kandungan potassium dalam jus jeruk juga dapat membantu menurunkannya. Hipertensi berpotensi berbahaya bagi Ibu hamil.

4. Susu Rendah Lemak

Minuman yang baik untuk Ibu hamil berikutnya adalah susu rendah lemak. Tidak hanya bagi Ibu hamil, susu kaya nutrisi juga bermanfaat bagi semua orang. Jika Moms hamil, moms bisa mengkonsumsi tiga produk susu dalam satu hari. Moms bisa meminum susu tanpa lemak atau rendah lemak untuk menghindari lemak jenuh ketika hamil.

Moms perlu tahu, jika waktu hamil kemampuan tubuh mencerna laktosa akan meningkat, terutama pada masa akhir kehamilan. Artinya, Moms tidak perlu khawatir merasa tidak nyaman setelah minum susu hewani. Namun, Moms tetap perlu memperhatikan jika memiliki intoleransi laktosa.

5. Jus Buah

Buah merupakan makanan yang sangat menyehatkan bagi semua orang. Moms dapat memilih minuman sehat ini untuk asupan harian. Selain mengandung vitamin, jus buah juga kaya akan serat yang membantu pencernaan. Namun, perlu Moms ingat, untuk memilih jus dari buah segar dan hindari penambahan gula berlebihan. Moms juga perlu menghindari jus kemasan.

6. Jus Sayuran Homemade

Minuman yang baik untuk Ibu hamil selanjutnya adalah jus sayuran buatan sendiri. Moms memerlukan sayuran untuk diet yang seimbang ketika masa kehamilan.

Moms bisa memasukkan sayuran untuk asupan vitamin harian, lho. Moms bisa berkreasi dengan aneka jenis sayuran seperti bayam, seledri, kale, bahkan bisa mencampurnya dengan buah-buahan.

7. Teh Herbal

minuman yang baik untuk ibu hamil

Jika Moms mengalami gejala mual di pagi hari, Moms dapat menguranginya dengan teh herbal seperti jahe dan peppermint. Teh herbal merupakan minuman yang baik untuk Ibu hamil. Selain itu, tubuh Moms dapat terhidrasi dengan bantuan teh herbal.

Teh herbal lainnya, seperti teh lemon balm memiliki efek menenangkan untuk Moms. Teh herbal yang kaya antioksidan juga ada, yaitu teh rooibos dan teh daun raspberry merah. Bahkan, teh ini dapat membantu Moms ketika tiba waktunya untuk mengejan.

8. Kaldu Tulang

Kaldu tulang dapat menjadi minuman yang baik untuk Ibu hamil dan juga menyehatkan. Kaldu tulang juga bisa membantu Moms mengurangi rasa tidak nyaman akibat morning sickness.

Moms bisa memilih jenis kaldu dari tulang sapi yang memakan rumput. Ini merupakan salah satu cara untuk Moms mengkonsumsi mineral yang terdapat di sumsum tulang.

9. Minuman yang Mengandung Elektrolit

Minuman olahraga tetap aman bila dikonsumsi oleh Ibu hamil. Moms mungkin sering mengalami kram kaki selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, Moms bisa meredakannya dengan minuman olahraga. Elektrolit yang ada dalam minuman ini merupakan kombinasi mineral, termasuk magnesium, kalsium, natrium, dan kalium.

10. Smoothies Buah Segar

Tidak hanya jus buah dan sayur, Moms bisa mencoba minuman menyehatkan yang satu ini. Smoothies memiliki kandungan yang lebih padat dan menyegarkan. Moms bisa mengkombinasikan isinya dengan sayur, buah, dan susu nabati untuk nutrisi yang lebih kaya.

Inilah 10 minuman yang baik untuk Ibu hamil, ya, Moms. Selain enak dikonsumsi, minuman ini tentunya menyehatkan Moms dan bayi di dalam kandungan. Yuk, langsung coba!